5 Tim Amankan Tiket Babak 16 Besar

  • Whatsapp

Copenhagen, teritorial24.com-Pertandingan penyisihan Grup D diawali dengan laga Republik Ceko melawan Kroasia yang berakhir dengan skor akhir 1-1. Di laga lainnya grup D, Inggris juga ditahan imbang Skotlandia dengan skor 0-0, Sabtu 19 Juni 2021.

Dengan hasil pertandingan Grup D Sabtu dinihari WIB, semua tim masih berpeluang lolos ke babak 16 Besar Euro 2020. Baik Inggris maupun Ceko sebetulnya sudah mengamankan tiket ke babak 16 besar dengan kini telah mengoleksi 4 poin.

Bacaan Lainnya
example banner

Sekali pun kalah dari Republik Ceko di pertandingan terakhir, Inggris boleh jadi akan tetap berhasil melangkah ke babak berikutnya. Inggris bakal tetap lolos ke babak 16 besar Euro 2020 setidaknya sebagai salah satu tim peringkat 3 grup terbaik.

Hal itu bisa disimpulkan jika melihat sejarah turnamen yang diikuti 24 tim dengan format seperti Euro 2020. Format seperti ini sudah dipakai UEFA di Euro 2016. Saat itu dua tim yang menyelesaikan fase grup dengan koleksi 4 poin sukses melangkah ke babak 16 besar.

Mereka adalah Slovakia dan Irlandia, yang lolos ke perdelapan final dengan status peringkat 3 grup terbaik. Di Euro 2016, 2 tim lain yang lolos ke 16 besar dengan status peringkat tiga terbaik, yakni Portugal dan Irlandia Utara, malah hanya mengoleksi 3 poin di fase grup.

Jadi, langkah Inggris ke fase knock-out Euro 2020 tampaknya sudah aman. Apalagi, belum tentu mereka hanya akan menyelesaikan fase grup dengan raihan 4 poin karena masih ada satu pertandingan lagi.

“Inggris sekarang punya 4 poin. Kami tahu raihan itu mungkin sudah cukup. Kami ingin menang melawan Republik Ceko,” ujar bek Inggris, Tyrone Mings, seperti dikutip dari BBC.

Sebelumnya, sudah ada tiga tim yang memastikan lolos ke babak 16 Besar Euro 2020. Salah satunya adalah Belanda. Kemenangan penting berhasil didapatkan Timnas Belanda dalam laga kedua fase grup Euro 2020 di Johan Cruijff ArenA, Jumat (18/6/2021) dinihari. Pasukan Frank de Boer berhasil mengalahkan Austria dengan skor 2-0.

Gol tiba pada menit ke-11 lewat eksekusi penalti Memphis Depay. Sementara gol kedua Belanda didapatkan pada menit ke-67 lewat aksi Denzel Dumfries yang mendapatkan bantuan dari Donyell Malen selaku pemberi asis.

Berkat kemenangan ini, Belanda bisa masuk ke dalam jajaran tim yang sudah dipastikan lolos ke babak 16 besar. Die Oranje sekarang berada di peringkat pertama Grup C dengan raihan enam angka dari dua pertandingan.

Sebelum Belanda, ada Belgia yang lebih dulu memastikan lolos ke babak 16 Besar. Belgia lolos usai meraih kemenangan atas Denmark dengan skor 2-1 dalam duel matchday 2 Grup B Euro 2020, Parken Stadium, Copenhagen, Kamis (17/6/2021).

Denmark main apik dan sempat unggul cepat lewat aksi Yussuf Poulsen di menit ke-2. Meski begitu, Belgia bangkit di babak kedua dan membalikkan kedudukan melalui Thorgan Hazard (54′) dan Kevin De Bruyne (70′).

Setelahnya Denmark terus melawan di sisa laga, sayangnya kurang beruntung dalam memaksimalkan peluang. Kemenangan ini memastikan langkah Belgia ke babak 16 besar. (bol/net)

Berikut Hasil Euro 2020 Hingga Sabtu Dinihari (19/06/2021)

Swedia Vs Slovakia 1-0
Kroasia Vs Ceko 1-1
Inggris Vs Skotlandia 0-0
Denmark Vs Belgia 1-2
Ukraina Vs Makedonia Utara 2-1
Belanda Vs Austria 2-0

 

Pos terkait