729 Anggota PPS Sergai Dilantik, Wabup: Tekankan Pentingnya Integritas

  • Whatsapp

SERDANG BEDAGAI, teritorial24.com – Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, melantik 729 Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kabupaten Sergai, bertempat di Pantai Woong Rame, Kecamatan Pantai Cermin, Selasa (24/1/2023).

Dalam sambutannya, wabup menyampaikan jika kehadiran PPS Kabupaten Sergai memegang peranan penting dalam pesta demokrasi yang akan digelar pada tahun 2024 mendatang. Untuk itu baginya setiap individu yang dilantik dalam kesempatan ini mesti menjunjung tinggi profesionalisme, netralitas, dan intergritas.

Bacaan Lainnya

“Saya menyadari, kedepan tugas Bapak dan Ibu yang terpilih sebagai PPS akan penuh dengan tantangan. Yang mungkin paling banyak dihadapi adalah tekanan dari oknum atau pihak-pihak tertentu yang bisa saja menguji integritas,” ujar wabup.

Namun dirinya meyakini, dengan menjaga integritas, terutama netralitas maka tekanan dan tantangan itu bisa dihadapi dengan sebaik-baiknya. Adlin Tambunan menyampaikan, yang terpenting adalah menjalankan tugas dan fungsi sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang ada.

Dia kemudian mengambil contoh sederhana perihal aktivitas “ngopi”. Menurutnya, sejak dilantik seluruh PPS mesti membatasi kegiatan tersebut demi memastikan kode etik bisa dijalankan.

“Kalau dulu Bapak dan Ibu bisa bebas ngopi kemana saja dan di mana saja dengan siapa saja, maka hal tersebut sekarang mesti dibatasi untuk memastikan tidak ada pelanggaran kode etik yang dilakukan. Amanah dan kepercayaan yang diberikan mesti dijaga penuh, demi memastikan pesta demokrasi nanti bisa berjalan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil, dapat terealisasi di Kabupaten Sergai,” tegas Adlin.

Sebelumnya Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sergai Fuad Hasan Lubis menyebut seluruh PPS Sergai yang dilantik mesti menunjukkan jika mereka memang orang-orang yang terpilih dan layak. Hal ini, sebutnya, karena sebelum sampai ke proses pelantikan, calon PPS melewati berbagai tahap.

“Tahapannya meliputi seleksi administrasi, tulis, dan ada juga tahapan interview. Karena itu kita mesti tunjukkan kalau kita memang layak. Ingat, banyak orang yang ingin ada di posisi kita sekarang. Maka dari itu, mari kita emban amanah dan kepercayaan publik ini dengan maksimal,” kata Fuad. (Anwar).

Pos terkait