BNN Sergai : Ajak Seluruh Elemen Masyarakat Perangi Narkoba

  • Whatsapp

SERDANGBEDAGAI,T24 – Peredaran dan penyalahgunaan Narkotika dan Obat Adiktif (Narkoba) di Kab.Serdang Bedagai (Sergai) belakangan cenderung meningkat, sehingga dibutuhkan sinergitas dari semua pihak, bukan hanya Kejaksaan, Kepolisian, namun juga peran organisasi masyarakat, pemuda dan  termasuk peran media dalam Organisasi PWI Sergai guna menekan peredaran narkoba tersebut.

Pernyataan itu disampaikan Kepala BNN Kab.Sergai Drs Adlin M Tambunan  yang dihadiri Ketua PWI Sergai Anwar Effendi Siregar didampingi  Wakil Ketua Robert Banjarnahor, Wakil Sekretaris Edi Saputra dan Bendahara Sahat Sinaga dalam audensi PWI Sergai dengan BNN Sergai di kantor BNN di Desa Firdaus Kec.Sei Rampah, Senin (8/10/2018)

Menurut Adlin, angka pengguna narkoba  secara nasional rata rata 2,08 persen atau 3 juta hingga 4 juta jiwa dan untuk Kab.Sergai dengan jumlah penduduk diatas 600 ribu jiwa sehingga ada sekitar 1.200 orang pengguna narkoba dari kalangan  pekerja , pelajar dan masyarakat.

” Dari 1.200 orang tersebut yang baru berhasil ditangani pihak  kita untuk direhabilitasi, tahun 2017  ada 11 orang rawat inap dan 63 rawat jalan jumlah 74, untuk tahun 2018 berjalan rawat inap ada 8 orang dan rawat jalan 65 orang, jadi sisa pengguna narkoba 1.100 lebih sama sekali belum tersentuh ,” ungkap Adlin.

Peningkatan itu dengan indikasi, sambung Adlin,  diantaranya faktor kesadaran masyarakat terhadap bahaya narkoba  masih rendah, rendahnya tingkat pendidikan masyarakat serta masih adanya keterlibatan oknum-oknum tertentu  terhadap narkoba .

” Rapat Forkopimda terakhir di Pemkab Sergai ada dua masalah yang dibahas yakni maraknya perjudian serta maraknya peredaran narkoba di Kab.Sergai,” ujar   Adlin.

Adlin mengakui dengan minimnya anggaran  BNN Sergai tidak mampu berbuat lebih  banyak dalam upaya menekan peredaran narkoba, untuk itu pihaknya butuh dukungan dari semua pihak termasuk Pemkab Sergai,  para stake holder termasuk Wartawan, paling tidak dapat mengupayakan menekan angka pengguna narkoba yang lama, sehingga tidak tumbuh pengguna narkoba yang baru.

Dalam audensi tersebut PWI Sergai bersama BNN Sergai sepakat turut serta menekan angka penyalahgunaan dan peredaran narkoba di Kab.Sergai dengan aksi nyata dilingkungan yang terdekat dengan menyentuh keluarga atau desa yang memiliki potensi besar peredaran narkoba. (JURLIS)