Bupati Pakpak Bharat Tekan MoU Antar Daerah Untuk Peningkatan Pendapatan

PAKPAK BHARAT, teritorial24.com  Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor menghadiri rapat koordinasi Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Wilayah Sumatera Utara, Kamis (19/05/2022) di kantor Bupati Sergai Kota Sei Rampah.

Bupati Pakpak Bharat bersama seluruh Bupati se Sumatera Utara menanda tangani kerja sama antar daerah (MoU) tentang Peningkatan Pendapatan Daerah dan Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Untuk Kesejahteraan Masyarakat. Rakorwil Apkasi wilayah Sumatera Utara dirancang mengutamakan kerja sama antar daerah yang saling menguntungkan.

Bacaan Lainnya

“Saya selaku Koordinator Wilayah Apkasi Sumut, pada Rakorwil perdana ini saya mengatakan kita dapat mengemban amanah sesuai visi yaitu membangun sinergi kerja antar pemerintah kabupaten, provinsi dan pusat dengan semangat keberagaman wilayah sebagai upaya percepatan pemulihan ekonomi pada masa dan pasca pandemi,” ucap Bupati Serdang Bedagai, Darma Wijaya.

Sementara itu Gubernur Sumatera Utara yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provsu, Mhd Fitriyus menyampaikan jika selama ini seluruh pihak telah berjuang bersama Forkopimda dan masyarakat menanggulangi pandemi Covid-19.

“Rata-rata (kasus aktif) sudah zero belakangan ini. Hanya Medan saja yang bertambah, itu pun cuma dua kasus, mari kita sama-sama berdoa, kiranya pandemi Covid-19 bisa hilang dan kita dapat beraktivitas kembali seperti biasa,” harapnya.

Dikatakannya, tujuan Apkasi ini di samping mengkoordinasikan pemerintah daerah dan pusat, juga berperan sebagai fasilitator kepentingan daerah dan pusat, menciptakan kerja sama dan kolaborasi yang kuat dan saling menguntungkan.

Sementara itu, Ketua Umum Apkasi, Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengingatkan agar seluruh daerah memperkuat kerja sama di bidang ekonomi dan perdagangan antar daerah. Sesuai dengan pesan Presiden, kita mesti terus memperkuat perdagangan antar daerah, kabupaten, provinisi, dan pulau. Selain itu, masing-masing daerah diingatkan harus punya produk unggulan masing-masing dan harus memperkuat sektor UMKM.

Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor menyebutkan bahwa ada beberapa hal yang mesti dibangun dengan maksimal sesuai dengan visi Apkasi, yakni membangun sinergi tata kelola pemerintahan yang baik sebagai upaya menyelaraskan program pemerintah pusat dan daerah, terutama ekonomi, sumber daya manusia dan pembangunan, menyelaraskan program pembangunan infrastruktur.

Termasuk juga meningkatkan kerjasama bidang sosial-kemasyarakatan, budaya dan pariwisata untuk membenahi ekonomi terutama pemulihan ekonomi masyarakat masing masing daerah.(wal)

Pos terkait