Hasil Muskorda, Jufri Hafis Pimpin IJTI

  • Whatsapp

SERDANGBEDAGAI,T24 – Hasil Muskorda Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Deli Serdang-Serdang Bedagai-Tebing Tinggi mengukuhkan Jufri Hafis Ketua Korda, Sabtu, (6/10/2018) bertempat di Aula Sultan Serdang komplek kantor Bupati Sergai di Sei Rampah.
Ketua IJTI Sumut Budiman Amin Tanjung dalam sambutannya mengungkapkan sekilas sejarah singkat tentang IJTI pada tahun 1998, jurnalis dari 5 (lima) televisi swasta berkumpul dan membentuk wadah yang dinamakan IJTI. Dari hasil kongres perlu dikembangkan organisasi untuk meningkatkan efektivitas dan informasi. Seiring perkembangan zaman, informasi mengalami perubahan begitu cepat konvergensi digital media.
“Mau tidak mau suka tidak suka IJTI dituntut bekerja secara profesional. Dengan adanya berita hoax wartawan dituntut untuk memerangi Jurnalis harus benar benar memeriksa mana berita benar dan yang tidak benar dengan memberikan informasi yang benar, aktual, akurat kepada masyarakat.Peran media massa dalam penyampai informasi yang benar patut diapresiasi,” ujarnya.
Dalam kesempatan itu, Pengurus Daerah IJTI Sumut menyambut baik, dengan harapan ketua terpilih mampu membesarkan organisasi dan menjalankan tugas-tugasnya dengan baik.Dari korda-korda yang sudah terbentuk untuk diikutkan dalam Uji Kompetensi pada waktu mendatang.
Sementara Ketua IJTI Deli Serdang-Serdang Bedagai-Tebing Tinggi terpilih Jufri Hafis mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Sergai yang telah menjadi fasilitator sehingga terlaksananya kegiatan ini, pelantikan IJTI hari ini tak terlepas dari dukungan dan kerjasama yang baik antara para rekan-rekan jurnalis televisi yang ada di tiga kabupaten/kota yakni Deli Serdang-Serdang Bedagai-Tebing Tinggi.
“Kami berharap kerjasama ini akan terus berlanjut hingga ke masa yang akan datang.” Tandasnya
Kadis Kominfo Sergai H. Ikhsan, AP dalam sambutannya mengatakan media elektronik seperti televisi yang merupakan media massa ”Terpopuler” di kalangan masyarakat dunia terutama masyarakat Indonesia. Televisi juga sangat berpengaruh terhadap masyarakat. Hal ini karena televisi sebagai saluran informasi dengan kontennya yang menarik. Dengan demikian televisi akan menjadi tolak ukur sebagai media yang banyak dicari dan layak dijadikan sumber informasi akurat.
“Dengan digelarnya Muskorda IJTI ini diharapkan dapat meningkatkan kekompakan dan kebersamaan sekaligus meningkatkan pemahaman dan wawasan bagi jurnalis media televisi yang bertugas di kawasan yang sama. Selain itu juga dapat berkontribusi dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Kiprah jurnalis televisi sebagai salah satu fungsi kontrol dan publikasi sehingga masyarakat akan selalu menunggu setiap informasi yang disuguhkan melalui media televisi. Berikanlah informasi yang layak dikonsumsi bukan informasi menyesatkan yang belum jelas kebenarannya (Hoax),” ujarnya.
Kedepan Bupati Sergai berharap, sambung Iksan, rekan-rekan Jurnalis televisi yang membawahi wilayah Deli Serdang-Serdang Bedagai-Tebing Tinggi selalu menjaga solidaritas. Jurnalis juga harus melek terhadap perkembangan IPTEK. Selain itu kompetensi dan profesionalisme juga harus disinergikan dengan perkembangan teknologi digital saat ini.
Ia berharap jurnalis sebagai agen perubahan dan mitra pemerintah dapat berperan aktif dalam meredam konflik yang timbul dan terus memberikan informasi akurat kepada masyarakat terkait publikasi yang kompeten terhadap kegiatan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.
Dari hasil Muskorda IJTI Deli Serdang-Serdang Bedagai-Tebing Tinggi Zufri Hafis terpilih sebagai Ketua dan berikut susunan kepengurusan IJTI Deli Serdang-Serdang Bedagai-Tebing Tinggi periode 2018-2021.Ketua: Zufri Hafis, Wakil Ketua: Pujianto, Sekretaris: Wahyu Rustandi Mahnu, Wakil Sekretaris: Gunawan Syahputra,Bendahara: Erik Yoma Togatorop,Koordinator Kabupaten/Kota:Deli Serdang : Rachmad Sudrajat,Serdang Bedagai: Frenky Gultom,Tebing Tinggi : Catur Hariono.
Turut hadir, Kadis Kominfo Sergai, Iksan AP,Perwakilan Polres Sergai, Tebing Tinggi, Ketua PWI Sergai,Anwar Effendi Siregar, Ketua KWRI Sergai, Ronald Hutabarat dan undangan.(JURLIS).