Helm Tactikal Selamatkan Kepala Aiptu Chairullah Damanik Dari Terjangan Peluru, 4 Personel Polsek Perbaungan Dapat Penghargaan

SERDANG BEDAGAI, teritorial24.com – Ajun Inspektur Polisi Satu (Aiptu) Hairullah Damanik anggota Reserse Kriminal Polisi Sektor Perbaungan (Reskrim Polsek Perbaungan) bernasib mujur. Hanya matanya saja mengalami luka ringan akibat serpihan letupan senjata api rakitan milik tersangka penggelapan sepeda motor.

Sebuah proyektil peluru tajam kaliber 9 mm yang diletuskan dari senjata api rakitan dari tersangka Ade Efin Pratama Lubis alias Ade Firman (37) melesat dan mengenai Helm Taktikal milik Dinas Polri bagian depan sebelah kiri.

Bacaan Lainnya

Peristiwa itu terjadi pada saat personel Polsek Perbaungan melakukan penggeledahan di rumah milik Nurma Lina milik bibi tersangka di Dusun II, Desa Citaman Jernih, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai, Jumat 16 September 2022 sekitar pukul 00.30 WIB.

Tersangka adalah residivis yang cukup meresahkan masyarakat khususnya di Kecamatan Perbaungan dan sekitarnya. Sehingga pada saat ia bersembunyi di lokasi petugas yang sudah mengetahui tempat persembunyiannya.

Pada saat tersangka terkepung oleh petugas yang dipimpin Kanit Reskrim Polsek Perbaungan,Ipda Zulfan Ahmadi dan Tim Opsnal. Dia bersembunyi diatas plafon rumah tersebut.

Awalnya, Briptu Ricky S Ginting yang berusaha naik ke atas plafon untuk menangkapnya, tetapi lantaran kurang tinggi digantikan oleh Aiptu Hairullah Damanik yang memiliki postur tinggi besar.

Dibantu Briptu Ricky S Ginting dan Kadus Ismail tubuh Aiptu Hairullah Damanik diangkat ke atas untuk melihat tersangka yang bersembunyi di atas plafon tersebut.

“Tiba tiba Dor..! Kata Aiptu Hairullah Damanik, usai dirilis di Mapolres Serdang Bedagai, Senin 19 September 2022 kepada wartawan mengungkapkan kejadian yang nyaris merenggut nyawanya tersebut.

Begitu kepala saya muncul di atas plafon, tersangka sudah menunggu dengan senjata api rakitannya dan langsung menembakkan senjata api rakitan tersebut, ungkapnya.

Sebuah peluru tajam yang menghantam bagian kiri Helm Taktikal milik Dinas Polri tersebut menghalangi. Sehingga peluru itu hanya bersarang di Helm Taktikal yang menjadi barang bukti.

Terjangan peluru dari senjata rakitan tersebut cukup kuat yang mengakibatkan bagian mata dan kening Damanik mengalami luka. Beruntung hanya luka ringan dan nyawanya masih terselamatkan.

“Saya sudah mencurigai tersangka. Jadi sejak awal kami semua menggunakan Helm Taktikal guna menghindari hal hal yang tidak di inginkan. Buktinya ya terjadi dan ini menjadi pelajaran buat semuanya,” tutur Damanik.

Selanjutnya tersangka pun berhasil ditangkap dan senjata api rakitannya dapat diamankan sebagai barang bukti dengan tiga butir peluru tajam berukuran kaliber 9 mm.

Akhirnya berkat keberhasilan Unit Reskrim Polsek Perbaungan menangkap dan mengungkapkan jaringan penggelapan sepeda motor tersebut Kapolres Serdang Bedagai AKBP Dr Ali Machfud SIK,MIK memberikan penghargaan kepada personel yang terlibat aksi heroik dan nyaris mengambil korban nyawa tersebut.

Berikut personel yang menerima penghargaan, yaitu, IPDA Zulfan Ahmadi, SH, Kanit Reskrim Polsek Perbaungan, AIPTU Hairullah Damanik, Ba Unit Reskrim Polsek Perbaungan, AIPDA Tri Heriadi, SH, Ba Unit Reskrim Polsek Perbaungan, Briptu Ricky S Ginting, SH, Ba Unit Reskrim Polsek Perbaungan.(Anwar)

Pos terkait