Komplotan Napi Penipu Lewat HP Dicokok, Begini Modusnya…

  • Whatsapp
example banner

Deliserdang, teritorial24.com-Polisi mengungkap kasus penipuan modus mengaku keluarga yang sedang kesusahan, lalu meminta puluhan juta di Sumatera Utara. Tiga pelaku ditangkap dan dua diantaranya merupakan narapidana di rumah tahanan, Sumatera Utara.

Kasatreskrim Polresta Deli Serdang, Kompol M Firdaus mengatakan, pelaku yang ditangkap berinisial DPU, dan 2 orang narapidana, FS dan KCM.

Bacaan Lainnya

Kata Firdaus, kasus penipuan terungkap berdasarkan laporan korban, Roida Sihombing (35), warga Kecamatan Lubuk Pakam ke Polresta Deli Serdang.

Awalnya korban mengaku ditipu seseorang melalui handphone sebesar Rp25 juta. Peristiwa itu terjadi pada 16 Desember 2020. Dalam pembicaraan telepon tersangka DPU mengaku sebagai adik korban.

“Kemudian pelaku mengatakan bahwa dirinya sedang di rumah sakit,” ujar Firdaus, Kamis (15/4)

Kata pelaku alasannya berada di rumah sakit, karena sudah diamuk massa. Dia mengaku dituduh mencuri uang berisi Rp14.500.000 dan emas seberat 15 gram.

“Karena penemuan itu, si penelepon mengaku ditangkap dan di massa oleh orang yang berada di rumah sakit dan petugas karena dituduh mencuri,” ujar Firdaus

Selanjutnya pelaku meminta bantuan ke korban uang sebesar Rp25 juta sebagai tebusan, supaya dirinya dibebaskan. Pelaku meminta korban mengirimkan uang ke Bank BNI atas nama Desmin Parsaroan Ujung

“Karena yakin dan percaya korban mengirimkan uang Rp25 juta ke rekening tersebut. Pengiriman dilakukan melalui proses 8 kali transfer,” ujar Firdaus.

Kata Firdaus korban baru sadar ditipu setelah bertemu dengan saudaranya, Bangun Marpaung. Saat itu Bangun menjelaskan bahwa adik korban tidak berada di Sumut, melainkan sedang berada di Palembang.

“Setelah itu korban baru sadar bahwa dirinya telah menjadi korban penipuan,” ujarnya

Selanjutnya, kata Firdaus, setelah menerima laporan dari korban polisi menyelidiki kasus ini dan pada Kamis (8/4) pelaku berhasil ditangkap di Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi.

“Tim langsung membawanya ke Mapolresta Deli Serdang,” ujarnya

Selanjutnya dari hasil interogasi diketahui DPU merupakan napi yang bebas asimilasi dari Rutan Kelas II B Sidikalang baru-baru ini. (mdn/tlk)

example banner

example banner

Pos terkait