KPU Kabupaten Blitar Gelar Gathering Bersama Media & Sosialisasi Aplikasi SIAKBA

  • Whatsapp

BLITAR, teritorial24.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blitar gelar Media Gathering di Hall Hotel Grand Mansion II Kanigoro Kabupaten Blitar, Kamis(17/11/2024). Tema yang diambil, Bersama Media Sukseskan Pemilu Serentak 2024 dan Sosialisasi Aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad Hock (SIAKBA).

Ada dua narasumber dalam kegiatan gathering tersebut yaitu Muhammad Bahaudin S.T Komisioner Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM dari KPU Kabupaten Blitar dan Kapolres Blitar yang diwakili Kasi Humas Polres Blitar IPTU Udiyono.

Bacaan Lainnya

Bahaudin mengatakan, tujuan bersinergi dengan media yaitu membangun hubungan saling menguntungkan antara penyelenggara dengan media, KPU mendapat bantuan dalam pemberitaan sedang media mendapatkan informasi yang viral terkait dengan pemilu.

Yang kedua memelihara komunikasi yang harmonis antara KPU dengan publik serta memelihara perilaku dan moralitas lembaga yang baik. Karena yang dilakukan oleh KPU, Seperti sosialisasi, oleh media dianggap menarik kemudian disampaikan kepada masyarakat, yang pada akhirnya dari penyampaian tersebut wawasan dan pengetahuan terbentuk.

Menurut Baha, peran media sangat besar karena masyarakat bisa tahu peran KPU berkenaan dengan tahapan pemilu. Ini terbukti dengan sejarah pemilu di kabupaten Blitar, sejak 2005 baru pemilu 2019 kabupaten Blitar bisa mencapai 67 persen partisipasi masyarakat pada saat masa kritis yaitu masa Pandemi.

“Ini sangat luar biasa dalam sejarah kami, dan tentunya ini merupakan bagian dari partisipasi termasuk media yang hadir saat ini,”jelasnya

Dijelaskannya pula bahwa jurnalis merupakan pilar keempat karena penanya lebih tajam. Dengan media, KPU membangun hubungan saling menguntungkan dimana KPU mendapatkan bantuan dalam pemberitaan sedangkan media mendapatkan informasi yang valid terkait dengan pemilu.

“Pastinya jurnalis yang profesional akan mencari berita yang kompeten dengan mencari sumber berita yang valid, tentunya di lembaga pemilu,”tukasnya

Yang dimaksud aplikasi SIAKBA, Baha mengungkapkan, aplikasi berbasis web untuk masyarakat yang ingin mendaftar sebagai PPK atau PPS, itu malalui aplikasi SIAKBA dengan akses siakba.kpu.go.id.

“Jadi untuk melamar menjadi PPK ataupun PPS tidak perlu menulis surat,”tegasnya.

Sementara itu, Kasi Humas Polres Blitar Iptu Udiyono dalam kesempatan itu mengharapkan, untuk bersama-sama mencegah fenomena hoax pada Pemilu nanti.

“Sehingga berita yang dikonsumsi masyarakat nantinya, bisa akuntabel, faktual dan terpercaya, dan dapat mengedukasi pemahaman masyarakat dalam pesta demokrasi di negeri ini,” ujar Udiyono.

Dalam imbauannya mengajak semua elemen masyarakat termasuk media bersama-sama untuk saling bersinergi membuat Blitar semakin sejuk.(didik)

Pos terkait