Masya Allah…Bayi Kembar Siam Tiga Kaki Lahir di Asahan

Kondisi bayi kembar siam tiga kaki di Asahan. (ist/fb/binsar p sitanggang)

KISARAN, teritorial24.com – Bayi kembar siam berjenis kelamin perempuan dengan kondisi tiga kaki lahir di Rumah Sakit Bunda Mulia, Kisaran, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, Selasa (07/06/2022). Dua bayi itu lahir dalam kondisi sehat melalui operasi caesar. Masya Allah…

Kelahiran bayi kembar siam itu pertama kali diunggah ke media sosial oleh Direktur RS Bunda Mulia, Binsar Sitanggang. Kondisi mereka, perut menyatu dan hanya memiliki tiga kaki. Sementara tungkai kaki ada empat.

Bacaan Lainnya

“Betul telah lahir hari ini bayi kembar siam dengan cara seksio sesar, jenis kelamin perempuan lahir bayi jam 08.15 WIB pagi tadi. Persalinan oleh rekan saya dokter Tunggul Simanjuntak,” kata Binsar ketika dikonfirmasi watawan, Selasa (7/6/2022).

Binsar juga menyebut saat ini keadaan bayi dan ibunya dalam kondisi sehat dan masih mendapat perawatan intensif.

“Jadi lahir dalam kondisi perutnya satu, tali pusarnya satu, tungkai atas lengan sehat tapi tungkai di telapak kaki ada tiga satunya menyatu di kaki itu total jari-jari ada dua puluh,” jelas Binsar.

Bayi yang lahir dengan berat badan 4.900 gram itu, merupakan anak kelima dari pasangan Sri Suarni (38) dan Jumat (40), warga Dusun IV Desa Urung Pane, Kecamatan Setia Janji, Kabupaten Asahan.

“Jadi pasien ini datang memang sudah waktunya ingin melahirkan dan langsung kita tangani. Seharusnya dia melahirkan di Medan. Karena mengaku tidak ada biaya dan tidak ada BPJS juga, jadi kita tangani dan cepat ambil tindakan. Alhamdulillah selamat dan sehat,” ujarnya.

Dia mengatakan kelahiran bayi kembar siam memang bisa dan jarang terjadi. Perbandingannya kelahirannya bisa 1:5000. Saat ini bayi tersebut tersebut masih mendapatkan perawatan di rumah sakit.

“Memang jarang terjadi. Tapi bisa diantisipasi dengan melakukan kontrol secara rutin, bisa juga karena si ibu kebutuhan asam folatnya tidak terpenuhi seperti sayur sayuran,” terangnya. (dtc)

Pos terkait