Maut Di Jalan Tol Tebing Tinggi Kualanamu Bus Barumun Terbalik, Supir Tewas Belasan Penumpang Luka

  • Whatsapp

SERDANGBEDAGAI, T24 – Kecelakaan maut kembali terjadi di jalan Tol tebing Tinggi – Kualanamu KM. KM. 64.700 – 64.800, Desa Liberia, Kec.Teluk Mengkudu, Sergai, Selasa (29/5/2018) sekitar pukul 05.40 WIB.

Peristiwa itu diduga stiur bus rusak mengakibatkan bus PT.Barumun plat BB 7026 KA terjungkal keluar bahu jalan setelah terlebih dahulu menghantam besi pembatas di jalan Tol.

Kecelakaan tunggal itu mengakibatkan supir yang mengemudikan tewas dan  satu delapan orang  penumpang mengalami luka ringan.

“Dari keterangan awak bus bahwa sebelumnya supir telah mengeluhkan kerusakan pada bagian stiur sewaktu mereka berhenti di pemberhentian di  Simpang Kawat, Asahan. Namun sopir tetap berusaha menjalankan bus di jalan tol yang cukup panjang sehingga diduga tidak mampu mengendalikan kendaraannya dan mengakibatkan kecelakaan tunggal,” bilang Kanit Laka Satlantas Polres Sergai Ipda D Panjaitan kepada kru teritorial24.com.

Sebelum kejadian, sambung Panjaitan, bus melaju dari arah tebing Tinggi, setibanya ditempat kejadian (TKP) pada saat bus oleng kekiri, diduga guli guli stir mengalami kerusakan, tidak dapat di putar atau dikendalikan ke kanan dan menabrak pagar pembatas jalan sebelah kiri sehingga mobil terbalik keluar pembatas jalan dari arah Tebing Tinggi menuju Medan. Diduga guli guli stir, patah atau tidak bisa di kendalikan.

Informasi itu, sambungnya sesuai keterangan  penumpang pergantian supir satu kepada supir dua di laksakan di poll Simpang Kawat, Kec Air Batu, Asahan.

“Keterangan dari kernet bahwa supir sudah  mengeluh stiur bus nya terasa berat. Sebelum kejadian  bus tidak mengalami pecah ban. Seluruh korban di rawat di RSU Trianda Perbaungan, kecuali korban tewas telah di bawa ke rumah duka .Jumlah penumpang termasuk supir dan kernet sebanyak 20 orang,” tandas Panjaitan.

Data yang diperoleh kru teritorial24.com, korban tewas yang juga supir, Amdani Harahap (54) warga Aek Loncat, Lubuk Barumun, Padang Lawas. Kemudian para penumpang yang mengalami luka dan dirawat di RSU Trianda Bengkel, diantaranya, Rumadi Wijaya (44) warga Hutaraja Tinggi, Padang Lawas, Erwinsyah Muda Harahap (42) PNS warga Langga Payung, Sungai Kanan, Labusel.

Yeni Oktamaya Sari Nasution (33) warga Sosa, Padang Lawas, Putra Asnandar Nasution (36) warga Medan Labuhan, Purida Simamora (50) warga Tambusai Barat, Rokan Hulu, Bone Fasia Purba ,(45) warga  Murai Dalu,Tambusai Tengah, Rokan Hulu, M Syahrin Hasibuan (61) PNS warga Pasar Ujung Batu, Sosa, Padang Lawas, dan Torkis Matua Nasution (31) warga Jalan Garu VI,Gang  Kutilang Harjosari I, Medan Amplas.(T-01)