Opss…Tersangka Pembakar Mobil Pedangdut Via Vallen Ber-KTP Medan Petisah, Saat Ditanyai Ngawur

  • Whatsapp
Mobil Via Vallen yang dibakar di TKP. (dtc)
example banner

Sidoarjo, teritorial24.com-Pelaku pembakaran mobil Toyota Alphard putih milik pedangdut Via Vallen diduga seorang pria ber-KTP Medan. Namun, warga sekitar mengaku mengenalinya.

Kepala Bidang Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan pelaku pembakar mobil Via Vallen tersebut berinisial PIJE.

Laki-laki berusia 41 itu disebut merupakan warga Jalan Pabrik Tenun Gg. Solo no. 16 RT. 00 RW. 00 Kelurahan Sei putih timur I, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara.

Namun, beberapa warga di sekitar rumah Via, di Kalitengah, Tanggulangin, Sidoarjo, ternyata mengenali pelaku.

“Tersangka lingkungan masyarakat mengenal, dan kalau disebut tetangga, saat ini masih kita dalami,” ujar Truno, Selasa (30/6).

Selain itu, Truno menyebut ada satu tersangka dalam kasus pembakaran mobil Via Vallen ini. Pihaknya juga tengah mendalami keterangan tersangka tersebut hingga mendalami bukti-buktinya.

“Sementara ini satu tersangka, ini inisial P sebagai tersangka. Tapi kita lihat berdasarkan CCTV dan keterangan saksi ini bagian dari digital forensik yang akan kita uji juga,” imbuhnya.

Sebelumnya, Kapolresta Sidoarjo Kombes Sumardji mengatakan pihaknya mengalami sedikit kendala dalam melakukan pemeriksaan pembakar mobil Via Vallen. Karena pelaku diduga mengalami gangguan kejiwaan. Saat diinterogasi polisi, pelaku juga berpura-pura gila hingga omongannya melantur.

“Orangnya ini pura-pura bego atau gila, ngomongnya ngelantur,” kata Sumardji.

“Makanya benar gangguan (jiwa) atau enggak, saya tanya di mana rumahnya, enggak ngomong. Dia malah ngomong ‘pecahkan kepala saya dulu baru saya sehat’,” kata Sumardji saat dihubungi wartawan, Selasa (30/6/2020).

Ia mengatakan, pelaku tidak langsung menyiram bensin ke mobil Via sebelum dibakar.

“Bakarnya pun cerdas, juga enggak langsung (bensin) disiram ke kap mobil. (bensin) ditaruh di ban, itu kayak karton begitu, baru dibakar,” ujar Sumardji.

Berdasarkan keterangan warga, pelaku kerap mondar-mandir di sekitar rumah Via sejak tiga hari lalu.

“Menurut keterangan warga dia boleh dikatakan sudah tiga hari mondar-mandir,” kata Sumardji.

Tak hanya itu, Sumardji menyebut pihaknya akan memeriksa kejiwaan pelaku yang ditangkap. Namun sementara ini, pihaknya masih mendiamkan pelaku hingga tenang.

“Tentunya ia akan kita periksa kejiwaannya. Sementara kita diamkan dulu, kita lihat perkembangannya setelah dia tenang akan kita periksa,” pungkasnya.

Sebelumnya, Via Vallen merekam Toyota Alphard yang terbakar lewat Instagram.

Dalam rekaman tersebut, Via Vallen terlihat panik lantaran terdengar suara ledakan.

Belum lagi, mobilnya terbakar di samping rumahnya.

“Mobil ini tadi dibakar sama orang. Ada orang ke sini bawa bensin, tetapi sudah ditangkap (direkam gambarnya) sama CCTV,” ujar Via Vallen.(dtc/kcm/ccn)

example banner

example banner