PPP Deli Serdang Usulkan KH Hasyim Ashari Jadi Nama Jalan

  • Whatsapp

DELI SERDANG , teritorial24.com – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Deli Serdang akan menjadi partai politik (parpol) pertama yang akan mengusung nama ulama besar sekaligus pendiri Nahdlatul Ulama (NU), KH Hasyim Asyari untuk diusulkan menjadi salah satu nama jalan di Kabupaten Deli Serdang, terlebih di Kota Lubuk Pakam.

Hal ini ditegaskan Ketua DPC PPP Deli Serdang, Misnan Al Jawi SH MH ketika bersilaturahmi dengan Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan di Kantor Bupati Deli Serdang, Kamis (19/1/2023).

Bacaan Lainnya

“PPP ini terlahir dari rahim ulama. Maka, pantas dan wajar nama ulama besar kita jadikan sebagai salah satu nama jalan di Deli Serdang. Nama pendiri Aljam’iyatul Washliyah dan Muhammadiyah, sudah ada dibuat nama jalannya, yakni KH Arsyad Thalib Lubis dan KH Ahmad Dahlan. Maka, nama pendiri Nahdlatul Ulama sudah pantas dan wajar kita buat sebagai salah satu nama jalan di Deli Serdang,” tutur Misnan Al Jawi.

Jika ulama besar tersebut diabadikan menjadi nama-nama jalan di Kabupaten Deli Serdang, sambung Misnan, hal ini bisa menjadi pelajaran sejarah bagi generasi muda, khususnya di Deli Serdang.

“Jadi, kami sepakat bila nama KH Hasyim Asyari ditabalkan menjadi nama salah satu jalan di Deli Serdang,” pungkas Misnan.

Saking semangatnya, Misnan yang juga Ketua Fraksi PPP DPRD Deli Serdang ini memastikan kalau besok (Jumat), DPC PPP Deli Serdang akan mengajukan draf usulan KH Hasyim Asyari menjadi nama jalan di Deli Serdang. “Besok kita kirimkan surat dari DPC atas pengusulan itu kepada Pak Bupati,” tegas Misnan.

Menurut Misnan, ada hal logis yang bisa mendasari pengusulan nama jalan KH Hasyim Asyari tersebut. Pertama, nama pendiri Muhammadiyah, KH Ahmad Dahlan sudah terlebih dulu, bahkan jauh-jauh hari sudah ditetapkan menjadi nama salah satu jalan di Kota Lubuk Pakam. Begitu juga dengan pendiri Aljamiyatul Alwashliyah, KH Arsyad Thalib Lubis.

“Logis menurut saya, karena memang sebelumnya sudah ada nama Jalan KH Ahmad Dahlan dan KH Arsyad Thalib Lubis,” pungkas anggota DPRD Deli Serdang dua periode ini didampingi Wakil Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP Sumatera Utara, Dra Hj Sa’adah Lubis; Bendahara, Abdul Ghafur Sina SH; Ketua OKK I, Ustad Drs H Ngatman Azis MPd; Ketua OKK II, Zulfahmi Hasibuan SSos; Ketua OKK III, Zulfahmi Hasibuan SSos; dan pengurus lainnya.

Bak gayung bersambut, Bupati, H Ashari Tambunan juga menyampaikan gagasan serupa. Apalagi, kata Bupati, penamaan jalan tersebut juga sinkron dengan visi Kabupaten Deli Serdang yang religius.

“Saya pikir, barangkali sesuai visi Kabupaten Deli Serdang yang religius. Organisasi kemasyarakatan (Ormas) Islam adalah hal penting. Jadi, terpikir untuk membuat nama jalan KH Hasyim Asyari. Dari Muhammadiyah sudah, dari Alwashliyah juga sudah. Jadi, sudah selayaknya dari Nahdlatul Ulama juga ada,” ungkap Bupati. (ari)

Pos terkait