Presiden Jokowi Lantik Zulkifli Hasan dan Hadi Tjahjanto Sebagai Menteri

JAKARTA, teritorial24.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik dua menteri dan tiga wakil menteri (wamen) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Menteri yang dilantik adalah Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan sebagai menteri perdagangan, menggantikan Muhammad Lutfi dan Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto sebagai menteri Agraria Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) menggantikan Sofyan Djalil.

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi juga melantik tiga wamen baru. Mereka adalah John Wempi Wetipo, yang sebelumnya menjabat Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menjadi Wakil Menteri Dalam Negeri. John akan mendampingi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Selanjutnya, Sekjen Partai Bulan Bintang (PBB) Afriansyah Noor. Presiden Jokowi melantik Afriansyah sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan. Kemudian, Sekretaris Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni menggantikan Surya Tjandra sebagai Wakil Menteri ATR/BPN.

Sebelum upacara pelantikan, Presiden Jokowi menggelar santap siang bersama pimpinan partai politik (Parpol) koalisi pemerintah di Presidential Lounge Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Para ketua umum parpol yang diundang adalah Presiden ke-5 yang juga ketua umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Ketua Umum Partai Persatuan Pembaruan (PPP) yang juga Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, dan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan.

Prabowo terlihat tiba pada sekitar pukul 12.00 WIB bersama Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Di meja makan, Presiden Jokowi duduk diapit Mega dan Surya Paloh. Selesai makan siang, para tokoh akan menuju Istana Negara untuk menghadiri upacara pelantikan menteri dan wakil menteri hasil reshuffle kabinet. (Sumber INVESTOR.id)

Pos terkait