PWI Sumut Gelar Penerimaan Calon Anggota Muda dan Kenaikan Tingkat, Ini Pesan Ketua PWI Sumut H Hermansjah…

  • Whatsapp
(Ist/dig)
example banner

Medan, teritorial24.com—Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Utara menggelar penerimaan calon anggota muda dan kenaikan tingkat menjadi anggota biasa, di Gedung PWI Parada Harahap, Jalan Adinegoro Medan, Sabtu (03/04/2021)

Ketua Panitia, Drs Khairul Muslim menyampaikan, ujian penerimaan calon keanggotaan PWI itu, diikuti sebanyak 111 wartawan dari berbagai media cetak, elektronik dan media online, masing masing 76 orang calon anggota muda dan 38 orang lainnya calon anggota biasa.

Bacaan Lainnya

“Dalam ujian yang bermoto Memperkokoh Silidaritas Organisasi dan Profesi ini, juga akan menghadirkan Kepala Pimpinan Pemasaran Konsumen Kantor Pusat PT Bank Sumut Ramadhan Muda Siregar ST yang akan menyampaikan materi tentang peran Bank Sumut Dalam Pemulihan Ekonomi di Masa Pandemi,” kata Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Sumut tersebut.

Khairul menjelaskan, materi ujian yang diberikan adalah pembuatan berita dari pemateri Bank Sumut serta ujian tertulis tentang kode etik jurnalistik dan lainnya.

”Para wartawan yang mengikuti ujian ini adalah yang kompeten dan ujian ini adalah amanah dari konstitusi sesuai UU Pers Nomor 40 Tahun 1999, yang mana wartawan wajib memasuki salah satu organisasi kewartawanan,” katanya.

Menurut wartawan senior ini, PWI adalah organisasi konstituen Pers yang masih dipercaya, kompeten dan memenuhi standarisasi dewan pers.

”Ada peserta yang minta agar penerimaan keanggotaan PWI tidak melalui ujian, namun permintaan itu tidak bisa diberikan mengingat ujian penerimaan dan kenaikan status keanggotaan adalah merupakan prosedur dan ketetapan (Protap) yang sudah ditentukan,” tandas Khairul.

Sementara itu, Ketua PWI Sumut, H Hermansjah SE menyambut gembira peserta ujian untuk anggota PWI ini disambut antusias, dengan banyaknya wartawan yang berminat untuk bergabung di organisasi PWI.

“Tentu hal ini didasari dari kesadaran sesuai pasal 7 ayat 1 Undang Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers, yang membebaskan wartawan memilih organisasi pers,” ujar H Hermansjah.

Penerimaan anggota muda ini juga bagian dari program kerja PWI dalam menjaring anggota baru dan meningkatkan kompetensi wartawan.

Selain UKW, katanya, ada juga pekan olahraga wartawan yang diselenggarakan di Jateng. Juga ada HPN yang dihadiri Presiden Jokowi.

Herman mengingatkan, sebagai seorang wartawan harus kritis dalam menyikapi persoalan. Jangan membiarkan isu-isu yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat. Karena masyarakat masih menaruh harapan besar kepada pers yang menyuarakan kepentingan masyarakat.

Isu-isu yang saat ini berkembang adalah soal kenaikan bahan bakar minyak, persoalan listrik, pelayanan air minum, kesehatan dan lain-lain.

“Jangan biarkan isu itu, tapi harus disikapi dan dikritisi,” ujar H Hermansjah.

Ia juga mengingatkan, agar wartawan jangan menerima pers releas secara utuh tanpa ada konfirmasi. Pres releas yang diterima dari narasumber atau instansi pemerintah harus dikonfirmasi ulang.

“Lakukanlah konfirmasi semampunya,” tutup H Hermansjah.

Pelaksanaan ujian keanggotan PWI itu secara resmi dibuka Ketua PWI Sumut H Hermansjah SE yang berlangsung mulai pukul 08.00 Wib hingga 12.00 Wib, dan ditutup oleh Ketua Panitia, Drs Khairul Muslim. (red)

example banner

example banner

Pos terkait