Sabang Pulau Eksotis Nan Mempesona

  • Whatsapp
example banner

SABANG, teritorial24.com – Pulau Weh berada di ujung Pulau Sumatera yang terkenal dengan pesona alam bahari dan peninggalan zaman kolonial. Ada beberapa pulau kecil lainnya yang juga memiliki keunikannya, seperti Pulau Rondo, Pulau Seulako, Pulau Rubiah, dan Pukau Klah.

Dengan ibukotanya Sabang, pulau ini memiliki beberapa objek wisata unggulan, seperti pantai, danau, pegunungan, air terjun, air panas, gua alam dan resort untuk kegiatan snorkeling, diving maupun fishing.

“Selain letaknya strategis di perairan Selat Malaka, Sabang juga dikenal sebagai jalur perdagangan jalur perdagangan internasional dan kapal layar atau pesiar,” terang Kepala Dinas Pariwisata Sabang, Faisal kepada teritorial24.com, Senin (13/7/2020) melalui aplikasi WhatsApp.

Dijelaskan Faisal, di Pulau Weh juga terdapat Tugu Kilometer Nol RI sebagai pertanda geografis wilayah Indonesia. Tugu ini terletak diareal Hutan Wisata Sabang sekitar 5 KM dari Pantai Iboih, tepatnya di Desa Iboih Ujonh Ba’u, Kecamatan Sukakarya, ungkapnya.

Menurut mantan Kepala Dinas PU Sabang tersebut, bagi pengunjung pelbagai beragam pengalaman menarik dan unik akan ditemui di pulau paling ujung gugusan pulau nusantara ini.

“Disana anda akan berinteraksi dengan biota laut, seperti pari manta, hiu, paus, lumba lumba dan penyu. Atau jika beruntung anda bisa menikmati pesona Pantai Iboih dengan airnya yang dangkal, tenang, jernih dan berpasir putih,” ungkap Faisal.(anwar).

example banner

example banner