Sasar Pemilih Pemula, KPU Asahan Gelar KPU Goes To School di SMKN 1 Kisaran

  • Whatsapp
example banner
ASAHAN, teritorial24.com – Untuk memberikan pemahaman Kepemiluan kepada siswa/siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Kisaran, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Asahan, Kamis (12/11/2020) menggelar kegiatan KPU Goes To School di sekolah kejuruan tersebut.
Dalam kegiatan yang diikuti puluhan siswa/siswi yang telah memiliki Hak Pilih tersebut, hadir sebagai nara sumber Anggota KPU Asahan yang membidangi Divisi Data dan Informasi, Kelana Muttaqin.
Dalam paparannya Kelana menjelaskan tentang peran penting Pemilih Pemula dalam proses demokrasi, baik itu Pemilihan Umum (Pemilu) ataupun Pemilihan Kepala Daerah seperti yang akan berlangsung pada 9 Desember 2020 mendatang.
“Sebagai Pemilih Pemula, para siswa/siswi yang telah memiliki Hak Pilih juga memiliki hak konstitusi yang sama dengan masyarakat lainnya,” kata Kelana, Komisioner KPU Asahan.
Dia juga memberikan gambaran secara umum mengenai Kepemiluan, seperti syarat-syarat untuk menjadi Pemilih yang harus sudah berusia 17 tahun atau sudah pernah menikah serta memiliki KTP-Elektronik.
Dan terkait dengan KTP-Elektronik, Kelana mengimbau para siswa/siswi untuk melakukan pengurusan ke Kantor Disdukcapil Asahan apabila belum memilikinya.
“Jangan lupa berikan hak pilihmu di TPS pada 9 Desember mendatang, jangan golput dan ajak juga teman-teman yang lain, ” tukas Kelana.
Sementara itu, Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Kisaran, E Butar-Butar sangat mengapresiasi kegiatan KPU Goes To School yang dilaksanakan KPU Asahan di SMK Negeri 1 Kisaran.
Menurutnya, kegiatan tersebut sangat membantu siswa/siswinya dalam mendapatkan pengetahuan tentang Kepemiluan.
“Kegiatan ini menambah pengetahuan siswa/siswi kami tentang Kepemiluan,” ucap Kepala Sekolah yang murah senyum itu saat dikonfirmasi.
Acara diakhiri dengan pemberian bingkisan berupa jam dinding dari KPU Asahan kepada Kepala SMK Negeri 1 Kisaran, E Butar-Butar.
Tampak juga hadir dalam acara tersebut, Ketua PPK Kecamatan Kota Kisaran Barat, M Syah beserta anggotanya Makmur Hasibuan dan Revanda Lesmana. (Adi)

example banner

example banner

Pos terkait