Soekirman Budayawan Nyambi Bupati

  • Whatsapp
example banner

JAKARTA, teritorial24.com – Ir H Soekirman, disebut budayawan yang nyambi (sambilan-red) jadi Bupati Serdang Bedagai.
Pernyataan itu disampaikan Juri Anugerah Kebudayan, Agus Dermawan T (pengamat seni-budaya, penulis buku) dan di amini Nungki Kusumastuti (penari, artis film, Dosen Institut Kesenian Jakarta) selaku ketua merangkap anggota, Ninok Leksono (Kompas/Rektor Universitas Multimedia Nusantara), Atal S.Depari (Ketua Umum PWI Pusat) dan Yusuf Susilo Hartono (pelukis, wartawan senior, Pengurus PWI Pusat), sebagai anggota.
“Pak Soekirman ini budayawan yang nyambi jadi bupati,” kata Agus Dermawan, usai mendengarkan paparan atau presentasi Ir Soekirman.
Dalam pemaparannya seluruh yang hadir kerap memberikan aplaus dengan penyampaian nya dengan cermat dan santai dan kocak.
Bupati Sergai Ir H Soekirman seperti yang diwartakan sebelumnya masuk 10 Besar Nominasi Anugerah Kebudayaan. Ia pun di dapuk mempresentasikan proposal kebudayaanbdi depan para juri, Kamis (9/1/2020) di Kantor PWI di Gedung Dewan Pers lt. 4 Jl. Kebon Sirih No. 34, Jakarta Pusat.
Dalam presentasinya, Soekirman memaparkan tentang bagaimana merawat dan mengimplementasikan kebudayaan menjadi sebuah pluralisme dalam bingkai NKRI, Pancasila dan UUD 1945.
Masuknya Bupati Sergai H Soekirman 1 dari 10 nominasi Bupati/Walikota peraih Anugerah Kebudayaan Persatuan Wartawan Indonesia (AK-PWI) Pusat, merupakan kebanggaan dari Propinsi Sumatera Utara.
Pimpinan daerah lain yang ikut masuk nominasi yang adalah Walikota Tangsel (Banten) Airin Rachmi Diany,Walikota Banjarmasin (Kalimantan Selatan) Ibnu Sina,Walikota Ambon (Maluku) Richard Louhenapessy, Bupati Tubaba (Lampung) Umar Achmad, Bupati Halmahera Barat Danny Missy, 6. Bupati Luwu Utara (Sulawesi Selatan) Hj. Indah Putri Indriani, Bupati Gunung Kidul (DI Yogyakarta) Hj. Badingah, Walikota Baubau (Sulawesi Tenggara) AS Tamsir, danBupati Tabalong (Kalimantan Selatan) Anang Syakhfiani.
Turut mendampingi Bupati Kepala Dinas Kominfo Drs. H. Akmal, AP, M.Si dan Kepala Bagian Umum dan Perlengkapan Syafransyah Nasution, S.STP, Ketua PWI Sergai, Anwar Effendi Siregar, Sekretaris, Muklis Siregar.
Sehari sebelumnya, rombongan kepala daerah telah melakukan sesi pemotretan khusus.
Menggunakan pakaian adat Melayu Teluk Belanga, Soekirman melaksanakan sesi pengambilan gambar sambil sesekali berinteraksi dengan para Kepala Daerah yang juga hadir dengan pakaian tradisional masing-masing. (Aef)

example banner

example banner