Spanyol Tertahan, Polandia Keok, Lihat Hasil dan Klasemen Euro 2021

  • Whatsapp
Twitter

Petersburg, teritorial24.com- Hasil pertandingan Euro 2021 antara Spanyol vs Swedia, Selasa (15/6/2021) dini hari berakhir dengan skor 0-0. Sementara partai Polandia vs Slovakia ditutup dengan skor 1-2.

The Falcons, julukan Slovakia, yang kini memimpin klasemen Frup E Piala Eropa 2020. Sementara itu, Patrik Schick di puncak top skor usai mencetak 2 gol ke gawang Skotlandia.

Bacaan Lainnya
example banner

Duel Polandia vs Slovakia di Stadion Krestovsky, Saint Petersburg ditutup dengan skor 1-2. Petaka bagi Polandia sudah dirasakan sejak menit 18. Bermula dari tembakan Robert Mak, bola mengenai tiang, lantas menyentuh kiper Wojciech Szczesny, sebelum masuk ke gawang sendiri.

Tertinggal hingga turun minum, Polandia menyamakan kedudukan tepat pada awal babak kedua berkat Karol Linetty. Namun, lagi-lagi pasukan Paulo Sousa bermasalah. Menit 62, Grzegorz Krychowiak menerima kartu kuning kedua, yang bermakna Polandia mesti bermain dengan 10 orang

Tembakan datar Milan Skriniar 7 menit berselang menjebol gawang Szczesny. Skor 1-2 ini bertahan hingga laga usai. Hal ini menjadi kekalahan di laga perdana bagi Polandia sepanjang Euro 2016 lalu tidak pernah tumbang dalam waktu normal.

“Idenya adalah menjadi protagonis dengan penguasaaan bola dan menciptakan peluang, dan kami melakukannya dengan baik. Seminggu ini, kami menggarap taktik agar ada yang mengawal Skriniar, tapi kami kehilangan dia dalam tendangan sudut. Saya harus menganalisis alasan mengapa dia tidak dikawal,” kata pelatih Paulo Sousa dikutip UEFA.

Spanyol tidak dapat memanfaatkan kekalahan Polandia. Menghadapi Swedia di La Cartuja, Sevilla, La Roja dibuat tumpul selama 90 menit.

Pasukan Luis Enrique sudah melakukan segalanya dengan penguasaan bola hinga 75 persen. La Roja juga melepaskan 17 percobaan, dengan 5 tepat sasaran. Ini kontras dengan Swedia yang punya 4 peluang, tetapi tidak ada satu pun yang mengarah ke gawang Unai Simon.

Spanyol sendiri tampil dengan starting XI yang mengejutkan, dengan Alvaro Morata jadi pilihan di depan, Jordi Alba di sisi kiri alih-alih Jose Gaya, juga Pedri menemani Rodri dan Koke di lini tengah.

Peluang lahir dari Dani Olmo yang tandukannya dihalau oleh Robin Olsen. Sementara itu, Morata membuang beberapa kesempatan. Masuknya Pablo Sarabia, Thiago Alcantara, Gerard Moreno, dan Mikel Oyarzabal tidak menolong La Roja.

Kesempatan terakhir dari tandukan Moreno yang dihalau Olsen menggambarkanrasa frustasi La Roja sepanjang 90 menit. Sebaliknya, Swedia juga punya kesempatan dari Alexander Isak, yang nyaris membuat Spanyol, sang juara Euro 3 kali, kehilangan seluruh angka di laga pembuka.

Hasil ini membuat Spanyol ada di peringkat 2 klasemen Grup E, sejajar dengan Swedia, dan tertinggal 2 angka dari Slovakia. Sementara itu, Polandia duduk di posisi terbawah.

Di Hampden Park, Glasgow, Skotlandia gagal memulai kampanye mereka dalam Euro 2021 dengan kemenangan. Sebaliknya, tuan rumah ditundukkan oleh Republik Ceko lewat 2 gol pemain yang di level klub bermain untuk Bayer Leverkusen, Patrik Schick.

Dalam pertandingan perdana Skotlandia di putaran final turnamen sepak bola setelah menunggu 23 tahun, sebenarnya pasukan Steve Clarke membuka laga dengan apik. Ada John McGinn yang melakukan percobaan pada menit 6, tetapi diblok oleh Tomas Kalas.

Namun, seiring dengan kepercayaan diri Ceko, pergerakan tuan rumah semakin sulit. Schick melepaskan tembakan kaki kiri untuk mengetes kiper Skotlandia, David Marshall.

Meskipun Andy Robertson menguasai sisi kiri lapangan dengan umpan silang dan tembakannya yang dihentikan Tomas Vaclik, skor 0-0 terus merayap.

Ketika babak pertama tampak bakal berakhir imbang, umpan Vladimir Coufal diselesaikan oleh Patrik Schick (42′) dengan tandukan. Ceko mencetak gol vital jelang turun minum. Upaya Skotlandia menyuntikkan Che Adams tidak berpengaruh.

Tuan rumah punya peluang dari Jack Hendry yang hanya mengenai mistar. Namun, Schick sekali lagi menciptakan perbedaan. Menit 52, ia mendapatkan bola di tengah lapangan lantas langsung mengirim tembakan yang menjebol gawang Skotlandia.

Gol itu memastikan kemenangan 0-2 Ceko, yang sepanjang laga melepaskan 10 tembakan, 7 di antaranya tepat sasaran. Sebaliknya, Skotlandia dengan 19 tembakan, cuma bisa menguji Tomas Vaclik 5 kali.

Kemenangan Ceko ini membuat mereka sementara memimpin Grup D, unggul selisih gol dari Inggris yang pada laga Minggu (13/6) menaklukkan Kroasia 1-0.

Bagi Patrik Schick, 2 gol di laga pembuka ini membuat dia sejajar dengan Romelu Lukaku di puncak top skor EURO 2021. Gol keduanya yang spektakuler juga jadi catatan tersendiri.

“Selama pertandingan saya mengamati di mana penjaga gawang (Skotlandia) berdiri jika situasi seperti itu terjadi. Kemudian ketika momen itu datang, saya hanya memantau dia keluar dari gawangnya dan mengirimkan tembakan ke sana,” kata Patrik Schick soal gol indahnya dikutip UEFA. (Tir)

Hasil Euro 2021 Hingga Selasa (15/6/2021) Dinihari

Skotlandia vs Ceko 0-2
Pencetak Gol: Patrik Schick 42′ dan 52′

Polandia vs Slovakia 1-2
Pencetak Gol: Karol Linetty 46’/ Wojciech Szczesny 18′ b.d., Milan Skriniar 69′

Spanyol vs Swedia 0-0
Pencetak Gol: –

Klasemen Sementara

Grup A
Tim Main Menang SG Poin
Italia 1 1 +3 3
Wales 1 0 0 1
Swiss 1 0 0 1
Turki 1 0 −3 0

Grup B
Tim Main Menang SG Poin
Belgia 1 1 +3 3
Finlandia 1 1 +1 3
Denmark 1 0 −1 0
Rusia 1 0 −3 0

Grup C
Tim Main Menang SG Poin
Austria 1 1 +2 3
Belanda 1 1 +1 3
Ukraina 1 0 −1 0
Makedonia Utara 1 0 −2 0

Grup D
Tim Main Menang SG Poin
Inggris 1 1 +1 3
Ceko 1 0 +2 3
Skotlandia1 0 -2 0
Kroasia 1 0 −1 0

Grup E
Tim Main Menang SG Poin
Slovakia 1 1 +1 3
Spanyol 1 0 0 1
Swedia 1 0 0 1
Polandia 1 0 −1 0

Topskor Sementara
Pencetak Gol Negara Gol
Patrik Schick Ceko 2
Romelu Lukaku Belgia 2
Breel Embolo Swiss 1
Ciro Immobile Italia 1
Lorenzo Insigne Italia 1
Thomas Meunier Belgia 1
Kieffer Moore Wales 1
Joel Pohjanpalo Finlandia 1
Raheem Sterling Inggris 1

Jadwal Pertandingan

Selasa, 15 Juni 2021
Pukul 23.00 WIB: Hongaria vs Portugal di Puskas Arena, Budapest

Rabu, 16 Juni 2021
02.00 WIB: Perancis vs Jerman di Allianz Arena, Munchen

 

Pos terkait