Tak Lama Lagi,Ibu Soudah Nikmati Rumah Baru Buatan Satgas TMMD Kodim 0203/Lkt


Warning: Attempt to read property "post_excerpt" on null in /home/u936003020/domains/teritorial24.com/public_html/wp-content/themes/bloggingpro/template-parts/content-single.php on line 81

LANGKAT|
Kini,setelah hampi sebulan direhab oleh prajurit TNI dan Polri yang tergabung dalam Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 Kodim 0203/Lkt, ibu Soudah (83) yang merupakan seorang janda veteran akan menikmati rumah barunya.

Program rehab rumah tidak layak hunk (RTLH) dalam TMMD ke-103 Kodim 0203/Lkt yang dilaksanakan di wilayah Desa Palu Pakih Kecamatan Batang Serangan Kab Langkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut) ini memasuki hari ke -18 hampir tuntas pengerjaannya.

Bacaan Lainnya

Meskipun alam tidak mendukung untuk melaksanakan pekerjaan fisik RTLH tersebut, namun Satgas TMMD masih tetap bekerja merampungkan sasaran fisik RTLH yang sudah menjadi target.

“Rehab RTLH janda seorang veteran saat sudah mencapai 90 persen persentasenya, hal ini berkat upaya kerja keras Satgas dibantu masyarakat, “ungkap Pasiter Kodim 0203/Lkt Kapten Inf A. Bustami, Kamis (01/11/2018)

Pasiter mengatakan bahwa sebelumnya rumah milik ibu Soudah merupakan skala prioritas RTLH yang sudah tidak layak untuk ditempati,dengan rasa iba dan wujud kepedulian Dandim menghargai seorang janda veteran rumah tersebut akhirnya direhab dalam program TMMD ke-103 Kodim 0203/Lkt.

“Selain sasaran fisik lainnya,rehab RTLH milik ibu Soudah menjadi target sehingga harus direhab dengan bagus agar ibu tersebut nyaman menempatinya, “katanya

Sementara itu, ditempat terpisah, Dandim 0203/Lkt Letkol Inf Deni Eka Gustiana memgatakan bahwa rehab RTLH milik ibu Soudah sebagai wujud kepedulian TNI kepada keluarga veteran. “Untuk menghargai dan membalas jasa, Kodim 0203/Lkt merehab rumah ibu itu, “kata Dandim.

Dandim yang juga Dansatgas TMMD ke-103 Kodim 0203/Lkt memaparkan bahwa “Veteran Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia adalah warga negara Indonesia yang dalam masa revolusi fisik antara tanggal 17 Agustus 1945 sampai dengan tanggal 27 Desember 1949 yang berperan secara aktif berjuang untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

“Para veteran yang telah mendarma bhaktikan jiwa raganya ke pangkuan Ibu Pertiwi banyak tugasnya saat masa peperangan merdekan RI. Ada yang pegang senjata untuk berperang, bertugas sebagai tim kesehatan di bidang Palang Merah Indonesia (PMI),bertugas di dapur umum/juru masak, persenjataan,dan amunisi, “terang Dandim. .

Selain itu, kata Dandim,veteran ada juga yang melaksanakan fungsi perbekalan, caraka/kurir/penghubung yang melaksanakan fungsi komunikasi, penjaga kampung/keamanan/mata-mata yang melaksanakan fungsi intelijen dalam rangka pengawasan wilayah. “Intinya veteran pejuang itu harus kita hargai dan hormati karena jasanya telah banyak di Negara ini, “sebutnya.

Perwira abituren Akmil 1999 ini mengatakan bahwa program bedah rumah masyarakat pra sejahtera yang dilaksanakan TNI Angkatan Darat dinilai sangat strategis,tidak hanya dalam rangka membantu menyiapkan rumah layak huni namun juga dalam rangka menopang peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Program bedah rumah (RTLH) ini juga sekaligus sebagai implementasi kepekaan, kepedulian, dan perhatian dari TNI AD terhadap kondisi sosial masyarakat sekitar, “ungkap Dandim.

Saat ini,bagi warga masyarakat kurang mampu yang rumahnya masuk dalam kategori tidak layak huni, bisa mendapatkan bantuan dari TNI AD untuk direhab sehingga menjadi layak huni.”Dengan adanya program TMMD rehab RTLH ini semaoga saja kedepannya rumah warga kurang mampu yang tak layak huni kedepannya semakin bagus dibuat TNI AD, “tandas Dandim.

Sementara itu, Ibu Soudah (83) memgucapkan terima kasihnay kepada Kodim 0203/Lkt,karena telah merubah wujud rumah gubuknya menjadi bagus seperti sekarang ini. “Terima kasih pak Dandim,saya tidak akan lupa dengan jasa bapak, saya selalu mendoakan bapak-bapak tentara sehat selalu,semoga amal kebaikan bapak dibalas Allah SWT, Aamin. Yra, “ungkap Ibu Soudah berlinang airmatanya.

Janda seorang veteran ini tak kuasa menahan airmata bahagianya melihat rumahnya saat ini telah diperbaiki tentara. Ia kadang termenung menatap rumahnya yang saat ini lagi di rehab prajurit TNI. Rasa haru, bangga bercampur bahagia melihat bapak-bapak tentara merehab rumahnya tanoa kenal lelah.

“Alhamdulilah sekali, karena bantuan bapak-bapak tentara ini rumah saya jadi bagus sekarang, terima kasih bapak Dandim, “katanya. (Red)

Pos terkait