TP. PKK Pesawaran Lampung dan Dekranasda Labuhan Batu Kunker ke Sergai

  • Whatsapp

SERDANGBEDAGAI,T24 – Bupati Sergai Ir. H. Soekirman menerima kunjungan kerja (Kunker) TP.PKK Kab. Pesawaran Lampung dan Dekranasda Kab. Labuhan Batu, di  Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati, Jumat, (14/9/2018).

Selain itu turut hadir,  Asisten Ekbangsos Ir. H. Kaharuddin, Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj. Marliah Soekirman,  Ketua TP PKK Pesawaran Ny. Nanda Indira Dendi, SE beserta rombongan,   Ketua Dekranasda Labuhan Batu Ny. Hj. Rosmanidar Hasibuan beserta rombongan,  Ketua DPC GOPTKI Sergai Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya,Ketua DWP Ny. drg. Khairani Hadi Winarno,  Kadis P2KBP3A Hj. Irwani Jamilah, SH, M.Si,Kadis Perindag Nina Deliana, S.Sos, M.Si, Kadis Kominfo diwakili Sekretaris Dra. Hj. Syahriati Lubis, Kadis Kanla Sri Wahyuni Pancasilawati, SP, M.Si, dan  Ketua TP PKK Kecamatan se-Sergai serta pengurus Dekranasda.

Bupati dalam sambutannya perkembangan zaman yang terjadi saat ini kita tidak dapat memungkirinya, perubahan ini tidak bisa tidak. Dengan 10 Program Pokok PKK hendaknya dapat mengikuti perkembangan teknologi saat ini dengan tidak melupakan kearifan lokal daerah kita. Oleh karenanya, pada kesempatan ini kami mengajak untuk membantu pemerintah mensejahterakan rakyat melalui peningkatan ekonomi kreatif dari TP PKK dan Dekranasda.

Selain itu peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) menjadi hal yang tak dapat dianggap enteng. Di daerah yang memiliki IPM rendah, biasanya rata-rata tingkat pendidikannya rendah sehingga perekonomian daerah lambat untuk maju. Sebaliknya, daerah yang memiliki IPM tinggi acapkali mengalami kemajuan dan memiliki banyak sarjana yang unggul sehingga dapat membantu mengembangkan daerah.

Penduduk Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat yang terdiri dari 52%  perempuan, maka pemberdayaan perempuan menjadi fokus utama pemerintah daerah. Saat ini yang utama adalah bagaimana kita membentengi keluarga dari peredaran narkoba yang semakin mengkhawatirkan, sebab telah banyak kasus kriminal yang terjadi karena narkoba tersebut.

Untuk keunggulan Sergai saat ini salah satunya adalah pengekspor bibit kelapa sawit terbaik hingga keluar benua seperti Australia, Eropa hingga Afrika. Selain itu ada ekspor ikan fillet yang menembus pasar Eropa selain inovasi alat pertanian yang telah banyak meraih penghargaan. “Untuk itu mari kita rubah pola fikir dan menambah pengetahuan guna menyiapkan diri menghadapi revolusi industri 4.0 ini. Pengelolaan boleh dengan cara tradisional, namun pemasaran lakukan dengan teknologi.

Sementara Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj. Marliah Soekirman  mengucapkan terima kasih dan merasa sangat berbahagia atas kunjungan sekaligus dua kabupaten dari dua provinsi ini. Kabupaten Sergai terdiri dari 17 kecamatan dan 243 desa/kelurahan. Potensi didominan lahan pertanian dan perkebunan. Saat ini beras organik yang telah dikembangkan petani telah dapat masuk kepasaran modern dipusat kota Medan.

Selain itu potensi pariwisata seperti pantai cukup banyak dan telah dikenal secara nasional. Sementara pusat jajanan dan kreasi UKM juga menjadi unggulan daerah serta diapresiasi dengan raihan penghargaan pada ajang INACRAFT berkat pembinaan UKM yang serius dan berkesinambungan dari pemerintah daerah. Heterogennya Sergai karena berbaurnya beragam suku dan hidup berdampingan dengan rukun dan damai.

“ Kepada rombongan dari Kabupaten Pesawaran dan Labuhan Batu untuk dapat meninjau langsung potensi yang disampaikan diatas. “Semoga kunjungan ini dapat menambah pengetahuan dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat serta mempererat tali silaturahmi antara kita”, pungkas Ny. Marliah Soekirman.

Ketua TP PKK Kabupaten Pesawaran Ny. Nanda Indira Dendi, SE  mengutarakan atas nama Pemkab Pesawaran menyampaikan terima kasih dan rasa hormat dalam penyambutan yang luar biasa dari jajaran Pemkab Sergai. Dimulai dari indahnya pemandangan daerah selama dalam perjalanan. Untuk informasi yang selengkapnya tentang kegiatan kami akan mempelajari tentang  cara pengembangan dan pemasaran produk hasil kerajinan sehingga dapat kami aplikasikan guna meningkatkan pemberdayaan kesejahteraan keluarga dan menjadi bekal dalam mensosialisasikan untuk menggiatkan program wirausaha yang bertujuan meningkatan perekonomian daerah.

Ketua Dekranasda Kabupaten Labuhan Batu Hj. Rosmanidar Hasibuan mengatakan bahwa Kabupaten Sergai dipilih karena merupakan kabupaten yang hasil kerajinannya sudah cukup baik dan dikenal hingga cakupan nasional. Selain itu maksud kunjungan ini adalah untuk menjalin kerjasama dibidang peningkatan kualitas pemasaran serta saling bertukar ilmu pengetahuan dalam rangka peningkatan UKM guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Hasil dari kunjungan ini akan kami aplikasikan di daerah kami dengan harapan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat melalui kerajinan UKM.

Acara diisi dengan penyampaian paparan pengembangan UP2K Desa Marihat Dolok Kecamatan Bintang Bayu dengan produk unggulan pengolahan jamur tiram yang memanfaatkan lahan pekarangan masing-masing.(JURLIS)