Bupati Asahan Minta PPS Kuasai Regulasi Pemilu 2024

  • Whatsapp
612 Anggota PPS se Asahan yang dilantik dalam rangka pelaksanaan Pemilu 2024. (Gan/Has)

ASAHAN, teritorial24.com-Bupati Asahan, H Surya Bsc meminta Panitia Pemungutan Suara (PPS) agar menguasai semua regulasi pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Hal itu dilontarkan H Surya Bsc ketika menyampaikan sambutannya dalam acara pelantikan 612 orang anggota PPS se Kabupaten Asahan, di Gedung Serbaguna Kisaran, Selasa (24/1).

Bacaan Lainnya

“Seluruh anggota PPS kami harapkan dapat mempelajari dan menguasai semua regulasi tentang Pemilu 2024. Hal itu kami rasa penting dalam rangka mewujudkan Pemilu yang demokratis dengan mengedepankan azas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil,” ujar H Surya Bsc di acara yang juga dihadiri Ketua serta anggota KPU Asahan dan KPU Sumatera Utara, Bawaslu Asahan, unsur Forkopimda Asahan, Camat serta Lurah dan Kepala Desa se – Asahan.

Bupati Asahan mengatakan, PPS memiliki tugas penting dalam Pemilu 2024. Diantaranya, mengumpulkan hasil perhitungan suara dan melaksanakan semua tahapan penyelenggaraan Pemilu di tingkat kelurahan atau desa.

Bupati berharap agar seluruh anggota PPS yang dilantik dapat bersinergi dengan dan berkordinasi dengan Lurah atau Kepala Desa, Camat dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang ada di wilayah tugas masing – masing. Hal itu dalam rangka mensukseskan tahapan dan jadwal penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024 mendatang.

Sementara Ketua KPU Asahan Hidayat SP pasca melantik 612 anggota PPS tersebut mengatakan, ada 4 hal yang harus di lakukan Anggota PPS dalam mengemban amanah yang diberikan.

Pertama, memahami seluruh aturan atau regulasi yang berkaitan dengan tahapan Pemilu. Kedua, menerapkan seluruh prinsip-prinsip penyelenggaraan Pemilu sesuai Pasal 3 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Dimana ada 11 prinsip penyelenggara pemilu, yaitu mandiri, jujur, adil, berkepastian hukum, tertib, terbuka, proporsional, profesional, akuntabel, efektif, dan efisien. Ketiga, memperkuat kerja tim di jajaran PPS dan sekretariat, saling melengkapi dan terbuka. Keempat, saling menjaga dan meningkatkan koordinasi dengan pihak desa atau kelurahan dan tokoh masyarakat serta tokoh agama.

Hidayat berpesan kepada anggota PPS yang telah dilantik, untuk dapat langsung berkordinasi dengan kepala desa atau lurah, serta meminta petunjuk terkait sekretariat serta fasilitas yang dapat dipergunakan dalam pelaksanaan tugas PPS nantinya.

“Kepada seluruh Camat dan Lurah/Kepala Desa, kami berharap dapat membimbing Anggota PPS yang menjalankan tugas di wilayahnya,” cetus Hidayat.

Hal senada juga disampaikan Yulhasni, Anggota Divisi Data dan Informasi KPU Provinsi Sumatera Utara, Yulhasni mengatakan agar anggota PPS yang dilantik, dapat secepatnya berkoordinasi dengan aparatur kelurahan atau desa dalam melaksanakan tugasnya.

“Koordinasi ini penting dilakukan, demi mensukseskan Pemilu Tahun 2024,” ucapnya.

Yulhasni juga mengungkapkan, Pemilu saat ini sudah menuju era digitalisasi. Maka dari itu, diharapkan, anggota PPS sudah akrab dengan yang namanya teknologi.

Tak hanya itu, Yulhasni juga berharap kepada Pemkab Asahan terkhusus pemerintah kecamatan dan kelurahan serta desa dapat membantu anggota PPS dalam mensosialisasikan kepada masyarakat untuk mendaftarkan diri sebagai pemilih. Terutama bagi warga yang belum terdaftar sebagai pemilih pada Pemilu Tahun 2024 mendatang. Kepada anggota PPS diharapkan dapat bekerja secara profesional.(Gan/Has)

Pos terkait