Wisata Ke Pulau Sabang Ditengah Pandemi COVID-19

  • Whatsapp
example banner

BANDA ACEH, teritorial24.com – Tersandera selama pandemi COVID19 membuat banyak orang menjadi jenuh. Ingin berwisata ke tempat daerah lain, apalagi ke luar pulau butuh persyaratan Protokol Kesehatan dari Rapid tes sampai Swab yang membutuhkan biaya yang cukup besar.

Alternatif lain yang ditempuh adalah dengan berwisata dengan menggunakan angkutan jalan darat. Hanya membutuhkan surat keterangan bebas COVID19 dari instansi terkait.

Salah satu lokasi wisata yang cukup dikenal dan terjangkau dari sisi jarak tempuh dan budget minim maka penulis mencoba ke lokasi wisata bahari yang cukup dikenal yaitu Pulau Weh, Sabang, Aceh.

Sebelum berangkat, aku pun membuat surat keterangan bebas COVID19 yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan setempat atau RSU yang telah ditunjuk Pemerintah Daerah.

Setelah mendapatkan Surat Keterangan tersebut. Aku pun langsung memesan ticket bus melalui internet menggunakan internet aplikasi Traveloka yang bisa di download dari play store.

Searching Traveloka, jadwal dan harga ticket Bus SEMPATI STAR jurusan Medan – Banda Aceh sebesar Rp180 ribu. Langsung dipesan dan ditransfer via ATM.

Bus dijadwalkan berangkat, Kamis (9/7/2020) pukul 16.20 WIB. Setengah jam sebelum keberangkatan aku pun audah tiba di Pool Bus yang berlokasi di Jalan Asrama Nomor 7 Medan (Pondok Kelapa).

Aku pun langsung menuju loket mengambil ticket yang berada di sisi kanan dati pintu masuk. Dua perempuan muda sibuk melayani penumpang yang sudah tiba lebih dulu.

Tak lama, aku pun dilayani salah satu petugas loket yang masih muda itu. Dengan mengenakan jilbab dia melihat nomor pesanan dari Traveloka di ponsel android milik ku.

Sekali dia meminta ku untuk membuka layar lantaran terkunci secara otomatis, namun tak berapa lama ticket sudah kuterima dengan nomor kursi (seat) 7.

Sempati Star Jetbus bermesin Scania produksi pabrikan asal negeri Viking, Swedia cukup mewah dan terkesan tangguh. Roda belakang sebanyak delapan buah dan depan dua total ada sepuluh roda.

Karoseri Adiputro yang cukup ciamik menambah kesan menawan dibagian interior dalam bus. Seat yang hanya berjumlah 2-2 menambah kesan lapang.

Penataan lampu led dibagian interior bus dan pendingin ruangan semakin menambah kesan mewah dan lux. Saat mesin dinyalakan nyaris tak terdengar kedalam ruangan bus, sehingga menambah kenyamanan penumpang.

Alunan suara musik dari speaker terdengar cukup halus dan jernih, memanjakan penumpang duduk sambil menikmati perjalanan selama 12 jam sampai di Terminal Banda Aceh.(bersambung)

example banner

example banner