Wow! 2.315 Warga Deliserdang Terjangkit HIV/AIDS, 220 Orang Tewas

  • Whatsapp
example banner
DELISERDANG, teritorial24.com-Sebanyak 2,315 warga Deliserdang dinyatakan terjangkit penyakit mematikan HIV/AIDS. Data ini terhitung sejak tahun 2006 silam sampai 2020. Dari jumlah itu, 1.487 di antaranya pengidap HIV, sisanya 828 orang menderita AIDS. Dari jumlah itu pula, 220 penderita meninggal dunia.
Atas fakta ini, Jaringan Indonesia Positif (JIP) di Deliserdang meminta peraturan daerah (Perda) tentang pencegahan dan pencegahan HIV/AIDS segera ditetapkan dan disahkan.
“Kami berharap agar Perda penanggulangan HIV dan AIDS segera mungkin ditetapkan dan disahkan guna mewujudkan pemenuhan akses universal terkait pencegahan dan pengobatan bagi masyarakat khususnya kepada kelompok beresiko tinggi atau yang dikenal dengan istilah populasi kunci,”¬†ujar Antono dari JIP, dalam pertemuan dengan Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Deliserdang, Selasa (6/4).
Dijelaskannya, JIP meminta Perda tentang Pencegahan dan Penanggulangan HIV/AIDS segera disahkan, karena virus tersebut masih menunjukkan tren meningkat di Deliserdang.
“Selain tren peningkatan penderita HIV AIDS, juga memakan korban tidak sedikit. Hal ini tentu menciptakan kegelisahan jangka panjang bagi keluarga maupun masyarakat. Oleh karena itu, kami meminta Bapemperda secepatnya mengesankan Perda penanggulangannya,” ujar Antono.
Bapemperda Deliserdang menyatakan dukungannya. “Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS, sudah masuk dalam Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) tahun 2021. Ini masih tahap awal, ada tahapan-tahapan selanjutnya,” ujar Ketua Bapemperda, Zul Amri.
Zul menyebutkan, Perda tentang pencegahan dan penanggulangan HIV AIDS, akan rampung pada bulan Agustus mendatang.
“Jika tak ada kendala, Agustus 2021 sudah bisa disahkan Perda dimaksud,” sebutnya. (As)

example banner

example banner

Pos terkait